Cara Wi-fi Supaya Tidak Dicuri Orang

Posted on

Cara Wi-fi Supaya Tidak Dicuri Orang – Dapat memiliki nirkabel wi-fi bisa jadi dambaan semua orang, yang setiap harinya profesinya berkecimpung di dunia internet. Jaringan menjadi kuat dan kencang tanpa hambatan berarti. Bahkan di saat cuaca burukpun, terkadang bila tempat tinggal tergolong magnet bumi, sinyal masih bisa ditangkap dengan baik.

Begitu berharganya, hingga sering dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk mencuri dan sama-sama menggunakannya. Sinyal menjadi terhambat karena dipakai banyak orang. Cara terbaik adalah dengan mengunci aksesnya, seperti langkah berikut ini!

Masuk ke Wifi Router

Wifi Router Merupakan alat yang menyebarkan sinyal wifi di di rumah. Sedang istilah ‘’Router’’ dipakai untuk menunjukkan alat tersebut sekaligus berfungsi sebagai penunjuk arah atau rute (route), agar komputer dapat terhubung dan berkomunikasi dalam jaringan, baik local (LAN) maupun internet.

Untuk dapat mengaturnya, masuklah ke halaman konfigurasinya. Alamat standarnya (IP Address) halaman konfigurasi semua wifi router ialah ‘’192.168.01 atau 192.168.254’’. jika tak tahu alamat IP (untuk windows XP ke atas) cobalah cara berikut :

  1. Klik start > Run dan ketik cmd/k ipconfig/all
  2. Bila selain Windows XP :

Ketik start lalu > Run & cmd/k ipconfig pada papan search box.

  1. Selanjutnya carilah bagian Wireless LAN adapter, temukan Default Gateway. Pada bagian kanan, terdapat alamat dari wifi router Anda
  2. Setelah mengetahui, bukalah browser (firefox, chrome, opera atau apa saja), kemudian pada address bar ketik IP Address dari Wifi Router tersebut dan tekan enter
  3. Isikan user name dan password pada login komputer. Bila keduanya belum pernah diganti, maka user name dan password standar untuk semua router adalah ‘’admin’’
  4. Jika semua telah siap sempurna, maka ikuti langkah-langkah pengamannya pada bagian selanjutnya di bawah ini!

 

1] Mengganti Login Ke Wifi Router

Cara ini digunakan kalau masih menggunakan user dan password ‘’admin’’, disarankan untuk mengganti login tersebut. Cari bagian Maintenance lalu pilih passwors standar dan baru. Pastikan mengingatknya! Sebab saat Anda menekan Save, Router akan meminta Anda login dengan username dan passwrd baru.

2] Hotspot Password

Cari bagian Wireless Security, yang disarankan WPA-PSK/WPA2-PSK, pada bagian Password (Passphrase Key) masukkan password untuk hotspot. Gunakan password kombinasi huruf besar dan kecil, angka dan karakter ASCII agar lebih aman.

Bila di rumah belum ada metode tersebut di komputer/laptop segera miliki, karena hanya ini yang mampu mengenali metode PSK. Biasanya router melakukan reboot agar password baru dapat aktif. Pilih Maintenance lalu pilih Reboot. Bila memakai cara manual, sementara cabutlah kabel power pada wifi router.

3] MAC Filtering

Pastikan semua perangkat di rumah aktif dan tersambung pada hotspot. Kemudian cari DHCP & pilih DHCP Clients. Catatlah semua, baik itu client name dan mac addressnya yang sedang terhubung. Selanjutnya cari Advance Security lalu pilih MAC Address Filtering, tambahkan semua perangkat Anda dalam daftar MAC Filter. Setelahya pindah ke Firewall Security, pilih Enable Firewall, lalu aktifkan MAC Filter dengan memilih Enable MAC Address Filtering dan pilih Allow.

4] Menggunakan SSID Unik

SSID (Service Set Identifier) yaitu nama hotspot Anda. Cukup ampuh menggunakan trik ini dari pembobolan. Pakailah nama-nama seram dan unik, supaya pembobol takut. Caranya masuklah ke Wireless Setting dan ganti SSID, lalu klik Save.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *