Cara Aktifkan Ip Cloud Mikrotik

Posted on
Cara Aktifkan Ip Cloud Mikrotik yang akan kita bahas kali ini merupakan salah satu fitur gratis dari MikroTik yang dapat digunakan untuk merubah IP Publik Static menjadi IP Publik Dynamic. Setelah meluncurkan beberapa versi sebelumnya pihak mikrotik akhirnya merampungkan fitur terbaru mereka yaitu IP Cloud.

IP Cloud mikrotik merupakan fitur terbaru yang menjadi unggulan mikrotik, bagaimana tidak Ip Cloud ini tentunya menjadi solusi yang paling tepat bagi para admin jaringan terutama sekali bagi para owner jaringan kecil dan menengah yang tidak mampu membayar IP static.

DDNS Gratis dari Mikrotik

Fitur IP Cloud mikrotik mulai hadir pada versi RoS 6.14 (silahkan upgrade router OS anda jika masih dibawah versi 6.14. Baca tutorial Cara upgrade routerOS mikrotik pada tutorial mikrotik yg sudah saya bahas sebelumnya). IP Cloud memberikan domain name untuk masing-masing router mikrotik secara perdeo dengan implementasi yg sangat gampang. Router mikrotik akan menangani IP dynamic secara otomatis sehingga walaupun IP public yg diterima router berubah-rubah hal tadi nir menjadi kasus.

Cara Mengaktifkan IP Cloud Mikrotik

Masuk ke winbox, kemudian pilih sajian IP->Cloud kemudian aktifkan dengan cara mencentang goresan pena “Enabled”. Selesai.

Public Address merupakan IP public yang anda dapatkan dari ISP, sifatnya selalu berubah-rubah sesuai menggunakan rule berdasarkan ISP anda.

DNS Name merupakan nama domain yang diberikan sang mikrotik menurut hasil generate menurut routerboard anda. Nama domain ini yang selanjutnya akan kita gunakan buat mengkases mikrotik berdasarkan jeda jauh (remote).

Pastikan statusnya sudah “updated”

Format nama domain yang diberikan sang mikrotik menurut serial number RouterBoard yang digunakan, nama domain di generate menurut serial number yang masih ada dalam router mikrotik yg kita miliki.

Format domain ditulis seperti berikut :

[snrouterboard].Sn.Mynetname.Net

Selain fitur tersebut, IP cloud mikrotik juga bisa dipakai buat melakukan update waktu (sama seperti fungsi NTP Client) caranya menggunakan mencentang tulisan “Update Time”. Fitur IP Cloud mikrotik hingga saat ini baru sanggup digunakan hanya buat produk RouterBoard. Untuk produk x86 sendiri masih dalam termin pengujian & kemungkinan akan segera dirilis pada versi router OS selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *